About Author

Halo!

Karena anda mengunjungi halaman bio ini maka saya berasumsi anda tertarik mengetahui sedikit tentang saya.

Nama saya Tigor Siagian. Saat ini saya bekerja di Bank Indonesia dengan pangkat Deputi Direktur dan menjabat sebagai Analis Eksekutif pada Kelompok Pengembangan Produk dan Model, di Departemen Pengelolaan Devisa. Sesuai namanya tugas kami adalah melakukan pengembangan terkait penempatan, instrumen, model, strategi serta inovasi lain yang dibutuhkan dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan cadangan devisa Bank Indonesia yang saat ini besarnya di atas 140-an miliar dollar AS. Hampir seluruh masa dinas saya berkecimpung dalam pengelolaan cadangan devisa, hanya diselingi selama satu setengah tahun menjalani penugasan untuk merancang Strategic Asset Allocation (SAA) bagi Dana Pensiun Bank Indonesia (DAPENBI).

DAPENBI sendiri merupakan program pensiun Manfaat Pasti untuk pegawai Bank Indonesia dengan aset kelolaan di atas 8 triliun rupiah. DAPENBI merupakan dana pensiun pertama yang menggunakan SAA dalam pengelolaan aset dan saat ini menjadi role model dalam penerapan SAA di industri dana pensiun Indonesia. Selain itu saya juga terlibat intens pada desain DAPENBI IP, dana pensiun bagi pegawai Bank Indonesia dengan program Iuran Pasti.

Saya menyelesaikan pendidikan formal Sarjana Ekonomi di Universitas Hasanuddin serta Master of Commerce in Finance dengan spesialisasi Fund Management di University of New South Wales, Australia dengan beasiswa penuh dari pemerintah Australia melalui AusAID. Beberapa kredensial profesional saya di bidang pengelolaan investasi, risiko dan pasar modal antara lain telah lulus ujian Wakil Manajer Investasi (WMI) dan Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) yang diselenggarakan oleh Panitia Ujian Standar Profesi Pasar Modal, lulus dengan gelar Associate Wealth Management Association (AWMA) dari CWMA, lulus ujian Financial Risk Manager (FRM®) dari Global Association of Risk Professional (GARP) dan saat ini merupakan Level 3 CFA® Candidate dari The CFA Institute. Selain itu juga berbagai investment courses dan workshops di investment banks dan lembaga supranasional di berbagai tempat dan kota seluruh dunia.

Saya juga terlibat selama belasan tahun dalam Working Group on Financial Markets (WGFM) dari kelompok 11 bank sentral di kawasan yang tergabung dalam EMEAP atau Executive’s Meeting of East Asia and Pacific Central banks. Salah satu kerja konkrit WGFM yang dapat dinikmati masyarakat luas di dunia adalah initiatif Asian Bond Fund berupa 8 reksa dana dan ETF di 8 negara EMEAP serta satu ETF akses global PAIF yang listing di Hong Kong. Di Indonesia, ABF Indonesia Bond Fund dikelola oleh Bahana TCW Investment Management dan listing di Bursa Efek Indonesia sebagai ETF bond pertama di Indonesia.

Saya menguasai beberapa bahasa pemrograman yang digunakan sehari-hari dalam pengembangan model, inovasi dan strategi kuantitatif dalam pengelolaan portofolio cadangan devisa. Bahasa yang digunakan antara lain visual basic for application (VBA), MatLab, R dan Python dimana belakangan ini didominasi oleh dua bahasa terakhir untuk aplikasi data science, portfolio analytics, artificial intelligence dan machine learning dalam pengelolaan portfolio.

Salah satu kegemaran saya yang berjalan beriringan adalah membaca dan menulis. Untuk yang terakhir utamanya diwujudkan sebagai pengasuh artikel keuangan di Majalah Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI), KOMPAK, yang terbit setiap bulan. Aktivitas lain yang sejalan dengan aktivitas profesi saya saat ini adalah menjadi Ketua Bidang Pengawasan Dana Pensiun di pengurus pusat IPEBI periode saat ini.

Saya juga dapat ditemui di media sosial melalui Twitter, Instagram, Facebook serta LinkedIn, sebagaimana informasi di sini: linktr.ee/tigorsiagian

Disclaimer:

Apa yang anda baca dan temui di dalam blog ini semata merupakan pendapat pribadi saya dan tidak pernah dan tidak akan pernah mewakili pendapat dari Bank Indonesia dan/atau pendapat serta pandangan dari Dewan Gubernur Bank Indonesia. Isi blog ini selain sebagai catatan pribadi juga ditujukan semata untuk berbagi dan mendukung edukasi peningkatan literasi di bidang keuangan dan investasi dan tidak dapat dipandang sebagai opini, argumen, nasihat ataupun rekomendasi terhadap ide, usul untuk investasi apapun. Setiap investor atau calon investor wajib mencari pendapat, nasehat dan pandangan dari profesional yang terdaftar, diakui dan diawasi oleh otoritas bersangkutan sebelum mengambil keputusan apapun terkait investasi. Nama institusi atau individu yang disebutkan dalam blog ini harus dipandang sebagai suatu kebetulan semata.

Jika anda memiliki pertanyaan atau ide untuk dibagikan, dapat mengirimkan email ke stigorsiagian(at)gmail(dot)com. Saya tidak menjamin akan membalas setiap email namun pastinya akan membaca setiap email.

Terima kasih telah mengunjungi blog dan halaman bio ini.